Guardiola: Kami Tidak Akan Bisa Meraih 4 Gelar Musim Ini

By | December 22, 2017

Manchester City sukses melenggang ke fase semi-final Piala Liga selepas mengalahkan Leicester City lewat drama adu pinalti 4-3, Rabu lalu. Dan kini City masih menunggu tim mana yang bakal mereka lawan di babak semi-final diawal Januari nanti.

Sementara itu di kompetisi FA Cup, City masih ada dalam lajur yang benar selepas memastikan diri melaju ke babak ke tiga. Dalam putaran ketiga FA Cup, City akan menghadapi Burnley pada tanggal 6 januari nanti. Langkah mulus City juga bakal terjadi di kompetisi Liga Champions, mereka sukses mengunci satu slot di fase 16 besar. Di babak tersebut, skuat arahan Pep Guardiola tersebut akan berjumpa dengan FC Basel guna memperebutkan satu tiket menuju babak perempat final.

Sedangkan di ajang Liga Primer Inggris, perjalanan mereka sangat fantastis. Dalam 18 pertandingan, mereka mencatatkan kemenangan 17 kali serta satu hasil seri. Catatan itu membuat mereka nyaman duduk di pucuk klasemen sementara dengan 51 gol, unggul 11 poin dari posisi kedua yang diduduki Manchester United.

Melihat pada penampilan City di musim ini, peluang untuk mendapatkan 4 gelar juara sangat terbuka. Walau demikian Pep tetap rendah hati. Pelatih asal Spanyol tersebut mengatakan bahwa tak mungkin timnya dapat merengkuh 4 gelar sekaligus pada akhir musim ini.

“Lupakan soal 4 gelar juara. Tentu hal itu tak akan terjadi kepada kami. Ayolah, ini tak akan jadi kenyataan. Situasi untuk memenangi 16 atau 17 laga beruntun di kompetisi domestik serta masih melaju di Liga Champions sebelum kita mengakhiri semua laga di babak grup bukanlah jaminan utama. Terlebih lagi kita bermain dengan para pemain muda, hal itu tak normal,” ujar Pep seperti dikutip Sky Sports.

Dari pernyataan itu, Guardiola mencoba untuk bersikap rasional. Itu wajar saja, sebab kompetisi di musim ini masih sangat panjang. Perjalanan mereka mengarungi turnamen musim 2017/18 baru berjalan setengah jalan.

Banyak sekali hal yang bakal terjadi nantinya, namun memprediksi City akan meraih 4 gelar di akhir musim nanti sebetulnya bukan khayalan saja jika mengacu pada penampilan luar biasa mereka sampai saat ini.

“Dalam dunia sepakbola, semuanya masih dapat terjadi, anda dapat kehilangan poin serta anda kalah dalam turnamen. Maka, saya tak memikirkan seberapa banyak gelar yang bakal kami raih, saya pun hanya memikirkan laga selanjutnya,” imbuhnya.

Selain tentang tim-tim berat yang berpeluang akan dilawan City, alasan non teknis macam jadwal padat yang berakibat dengan menurunnya fisik para pemain sampai berdampak dengan ceera juga dapat jadi mimpi buruk Pep.

Artinya, selain konsistensi performa yang wajib dijaga, Guardiola juga bertanggung jawab  saat mengelola skuatnya supaya fisiknya tak terlalu berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *