PRO KONTRA GOL ALAN DZAGOEV SEMPAT TERJADI DI EURO 2008

By | December 7, 2017

Manchester United melaku ke fase 16 besar dengan status pemuncak Grup A selepas menang atas CSKA Moskow 2-1. Namun satu-satunya gol tim tamu yang dicetak oleh Alan Dzagoev masih menyisakan pertanyaan tentang aturan off-side. Alan menyentuh bola sebelum sikulit bundar masuk kedalam gawang, sedangkan sejumlah pemain MU mengangkat tangannya lantaran menganggap bahwa Alan sudah dalam posisi off-side.

Jelan turun minum, Mario Fenandez mengirimkan umpan mendatar kedalam area pinalti MU. Bola langsung disambar Vitinho. Tembakan Vitinho itu tak hanya membentur pemain MU, namun juga mengenai Alan yang sebetulnya berupaya menghindari bola.

Ketika bola membentur Alan, posisinya ada dibelakang pemain MU yang ada didalam area pinalti. Dari situasi normal, gol Alan tidak disahkan sebab posisinya sudah off-side dan  karena itu juga dia mencoba menghindar.

Namun ternyata kala itu, masih ada pemain MU lainnya yang membuat posisi Alan tak off-side, yaitu Daley Blind yang ada diluar lapangan setelah berupaya memblock umpan Fernandes. Disinilah kontroversi terjadi.

Dari peraturan FIFA perihal off-side, gol Alan memang sah. Memang ada Blind yang ada didepan Alan. Blind, walau diluar lapangan, masih dihitung pemain aktif. Sebab pemain tak aktif merupakan pemain yang mendapat izin dari sang wasit untuk ada diluar lapangan, contohnya pemain yang harus mendapat perawatan tim medis.

“Sebab tekel Daley Blind menuju beakang gawang serta ia masih jadi pemain aktif dalam momen tersebut. Dia masih disana. Sedangkan Fernandes tak off-side lantaran tak terlibat ataupun mengganggu tembakan itu. Bila Blind tak disana, maka jelas itu off-side,” ujar Ruud Gullit yang jadi komentator, seperti dilansir Sky Sports.

Perihal gol tersebut, pemain MU, Juan Mata memang baru mengetahui aturan yang seperti itu. Menurut pemain asal Spanyol tersebut, mulai saat ini para pemain bakal lebih waspada dengan para pemain aktif walau ada diluar lapangan.

“Peraturan baru ini memang merugikan kami. Kami bertanya pada wasit lantaran kami menyaksikan bahwa Blind ada diluar lapangan, kami wajib waspada sebab mulai saat ini hal tersebut sudah dihitung,” ungkap Mata seperti dilansir ESPN FC.

Situasi semcam ini sebetulnya bukan terjadi untuk pertama kali. Pada tahun 2008 ai, di kompetisi Piala Eropa, tepatnya pada Grup C, gol semacam itu pernah terjadi di pertandingan yang mempertemukan Belanda dengan Italia.

Saat itu pemain Italia ada diluar lapangan selepas bertabrakan dengan Gianluigi Buffon. Ketika itu bola masih berjalan, serta Belanda sukses menciptakan gol lewat Ruud van Nistelrooy, yang langsung membelokkan tembakan Giovanni Van Bronckhordt. Bahkan, posisi mantan pemain Manchester United tersebut bakal off-side bila tak ada pemain dari Italia yang terbaring diluar lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *