Lorenzo : Gaya Balap Zarco Sembrono, dan Tidak Akan Berubah

By | December 5, 2017

Salah satu pebalap rookie Yamaha Monster Tech 3, Johann Zarco banyak mendapat kritik dari sejumlah pebalap mengenai aksinya di MotoGP 2017. Kritikana tersebut salah satunya dilontarkan oleh pebalap Ducati Corse, Jorge Lorenzo.

Kritik keras yang diberikan oleh Jorge Lorenzo terhadap Zarco tersebut mengenai insiden yang mereka berdua alami ketika balapan di MotoGP Jepang. Ketika turun pada Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, Lorenzo dan Zarco alami senggolan agar bisa merebutkan posisi ke empat.

Menurutnya, meskipun Zarco sudah melakukan hal tersebut kepada dua atau tiga pebalap yang lain. Namun Zarco justru mengulanginya terus menerus. Dirinya menilai gaya balapan Zarco seperti bermiab di PlayStation.

“Kejadian tersebut juga sudah pernah terjadi dengan dua atau tiga pebalap yang lain. Namun dirinya terus mengulanginnya, sama halnya dengan bermain di PlayStation,” kata Jorge Lorenzo, yang dikutip dari Speedweek, pada Jum’at (01/12).

Menurutnya, Johann Zarco sudha sangat sering melakukan manuver seperti itu. Dirinya menilai bahwa tindakan yang dilakukan Zarco ini sanagt membahayakan pebalap yang lain, sebab gayanya tersebut sangat beresiko dengan keselamatan dirinya maupun pebalap yang lain.

Setelah balapan di Motegi usai, malah pebalap 27 tahun tersebut tidak menujukkan sikap yang baik kepada Lorenzo. Bahkan dirinya tidak meminta maaf kepada Lorenzo. Hal tersebut sontak membuat Jorge Lorenzo geram dan kemudian melontarkan kritik pedas kepada Johann Zarco.

“Yang menjadi masalah ialah saya hanya pergi di dekatnya, namun dirinya seakan-akan tidak mengerti apa-apa dan melakukan hal tersebut. Dia tidak akan pernah berubah,” ujar Jorge Lorenzo yang berusia 30 tahun ini.

Akan tetapi beruntung pada Lorenzo, sebab dengan insiden tersebut tidak berdampak pada posisinya. Dirinya berhasil finis dengan urutan yang lebih baik dibandingkan dengan Johann Zarco. Lorenzo yang finis pada urutan ke enam, sementara dengan Zarco malah tercecer pada urutan ke delapan.

Jorge Lorenzo akhirnya juga berharap agar Johann Zarco bisa mengubah gaya balapnya pada MotoGP musim depan. Hal tersebut memang harus dilakukan, agar pebalap berkebangsaan Prancis tersebut tidak akan membuat para pebalap lain menjadi rugi di atas lintasan

Bahkan selain Jorge Lorenzo juga ada pebalap lain yang nyaris dibuat rugi oleh Zarco, salah satunya ialah pebalap dari Repsol Honda, Marc Marquez. Pada saat itu tampil pada seri ke 16 MotoGP 2017, yang dilaksanakan di Sirkuit Philip Island, Australia. Johann Zarco sempat menyenggol kendaraan milik Marquez. Beruntung pada insiden tersebut tidak terjadi apa-apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *