Siapa yang bakal menjadi pengganti Benjamin Mendy

By | September 30, 2017

Kemenangan 5 gol tanpa balas Manchester City dari Crystal Palace di akhir minggu lalu harus dibayar dengan mahal. Pemain baru mereka yang sekaligus jadi bek kiri termahal di dunia, Benjamin Mendy, dilaporkan akan absen setidaknya 6 bulan lamanya lantaran mengalami cedera lutut. Setelah pertandingan di ajang Liga Champions kontra Shakhtar Donetsk, 27 September 2017, Mendy dilaporkan langsung ke Spanyol guna menemui dokter spesialis disana.

Kabar ini tentunya jadi pukulan besar untuk City. Selain lantaran banyaknya dana yang sudah mereka gelontorkan guna merekrut Mendy dari Monaco, kini City juga tengah dalam penampilan apik akhir-akhir ini. City sukses menyapu bersih 7 pertandingan terakhir disemua kompetisi, serta hanya kemasukan 2 gol.

Peran Mendy sangat krusial dalam skuad arahan pep Guardiola. Walau diposisikan sebagai bek sayap, kemampuan saat bertahannya tergolong sangat baik, serta ditunjang dengan stamina dan fisik kuat untuk bertanding selama 2x 45 menit. Oleh sebab itu, Mendy tak mempunyai masalah berarti saat proses adaptasinya di ajang Liga Primer.

Menanggapi hal tersebut Pep menyikapinya dengan tenang, namun kecemasan yang diperlihatkan oleh raut wajahnya tidak bisa disangkal. “Kami masih mempunyai Olekzandr Zinchenko, Fabian Delph, dan Danilo,” ungkap Pep seperti dikutip Daily Mail. Kemudian pertanyaannya ialah, siapa pemain yang bakal dipilih dari ketiga nama tadi?

Saat Mendy ditarik keluar lapangan ketika kontra Palace, Danilo pun masuk menggantikan tempatnya. Bek yang didatangkan senilai 25 juta pounds dari raksasa Spanyol Real Madrid tersebut memang pemain bagus, kuat saat menyerang namun kadang lalai saat bertahan. Dalam formasi offensive yang dipakai Pep, menurunkan Danilo tentunya dapat membahayakan lini pertahanan City jika melawan klub yang memiliki serangan balik cepat.

Oleh sebab itu, Fabian Delph menjadi opsi lain lewat situasi ini. dia sendiri telah bermain sebagai bek kiri ketika City menang 2-0 dari Shakter di ajang Liga Champions Kamis dinihari lalu, serta hasilnya tak terlalu buruk walau juga tak dapat dibilang memuaskan.

Jumlah umpan serta sentuhannya memang yang paling rendah diantara semua pemain bertahan City, namun Delph adalah bek dengan dribling terbanyak, intersep paling banyak, serta mengoleksi 1 shot on target. Hal ini berarti, kemampuan bertahan Delph terlihat lebih menonjol daripada saat menyerang.

Dua nama tersebut memang jadi calon kuat guna mengganti peran Mendy yang bakal absen setidaknya sampai akhir musim 2017/18. Namun, mempercayakan posisi itu kepada kedua pemain juga memiliki resiko lantaran mereka bukanlah pemain yang di proyeksikan untuk bermain dengan reguler. Oleh sebab itu, opsi ke tiga juga wajib dipertimbangkan pep, yaitu mendatangkan bek kiri anyar di jendela transfer Januari tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *