Kenapa Atletico Madrid bisa membeli Costa, padahal mereka terkena embargo transfer

By | September 26, 2017

Kisruh tentang masadepan Diego Costa dengan Chelsea akhirnya sudah menemui jalan keluar. Costa hampir di pastikan akan pulang ke Atletico Madrid di bursa transfer Januari tahun depan. Seperti yang dikutip lama resmi Chelsea, mereka sudah mengonfirmasi sudah menemui persetujuan dengan Atletico Madrid.

“Hari ini Chelsea sudah setuju dengan perwakilan Atletico Madrid untuk kepindahan Diego Costa. Proses kepindahan bakal menuruti segala peraturan yang ada dalam kesepakatan medis dan persyaratan,” demikian pernyataan resmi Chelsea.

Di sisi lain, Atletico Madrid juga telah mengkonfirmasi jika dalam waktu dekat Costa bakal terbang menuju Spanyol guna menjalani tes medis.

“Chelsea sudah memberikan wewenang pada Diego Costa untuk hengkang ke Atletico Madrid di beberapa hari ini guna menjalani serangkaian tes medis serta merampungkan kontraknya dengan tim,” ujar Atletico.

Tersiar kabar jika Atletico membayar harga senilai 58 juta pounds pada Chelsea untuk dapat mendatangkan Costa. Jika memang informasi itu memang benar, maka The Blues mendapat keuntungan senilai 26 juta pounds. Karena mereka sebelumnya sukses merekrut Costa dengan nilai 32 juta pounds di musim panas 2014/15.

Mungkin banyak orang yang bertanya mengapa proses kepindahan itu dapat terlaksana, padalah Atletico saat ini masih terkena hukuman embargo larangan transfer. Sebetulnya bisa saja untuk Atletico menawar pada pemain bidikannya, atau bahkan melakukan negosiasi bukan hal yang di larang dalam hukuman embargo transfer yang didapatkan Atletico.

Konsekuensi yang diterima dari sanksi itu ialah, status pemain yang didatangkan Atletico dalam masa hukuman tak tercatat dengan sah sebagai pemain Atletico. Sanksi embargo yang didapatkan mereka akan usai di jendela transfer pemain musim dingin Januari nanti.

Ini berarti sampai Januari tahun depan, Costa masih belum resmi sebagai pemain Atletico dan tak di perkenankan bermain dengan Atletico dalam ajang resmi.

Selain itu juga, bursa transfer musim panas lalu juga telah ditutup, serta klub tak diperbolehkan kembali untuk mendaftarkan pemain anyar. Jadi, walau tanpa terkena larangan embargo, Atletico tetap tak boleh mendaftarkan pemain anyar sebab memang belum saatnya.

Untuk kasus Costa ini, sebetulnya mirip dengan Arda Turan ketika didatangkan Barcelona dari  klub Atletico Madrid di musim 2015/16. Ketika itu Barca juga mendapatkan hukuman berupa embargo transfer.

Turan yang terlanjur ditebus oleh Barcelona harus tetap menunggu sampai bursa transfer selanjutnya dibuka supaya dapat tampil di kompetisi resmi. Selama di masa penantian itu, Turan hanya dapat melakukan latihan dengan Barcelona tanpa di perbolehkan tampil pada laga resmi.

Jadi jika didalam kesepakatan ada tulisan bahwa Costa dapat  langsung gabung dengan Atletico, maka dia hanya bisa mengikuti latihan serta berlaga di pertandingan persahabatan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *