Borussia Dortmund Pecahkan Rekor Bundesliga

By | September 25, 2017

Mempunyai pertahanan yang tangguh adalah salah satu tuntutan mutlak untuk klub sepakbola bila ingin merengkuh prestasi. Karena, pepatah “offense wins you a game, but defense wins you a title” ada benarnya juga.

Borussia Dortmund

Sudah banyak contoh tim-tim yang mempunyai lini penyerang yang tajam, namun gagal menjadi juara di sebuah turnamen karena melempemnya lini bertahan mereka. Sebaliknya, juga ada klub-klub juara yang tidak mempunyai sektor penyerang tajam, tapi bermodalkan lini pertahanan yang sangat tangguh.

Di musim ini, terjadi kejutan yang terjadi pada kompetisi Bundesliga. Adalah Borussia Dortmund, tim yang sedang duduk di pucuk klasemen, tengah mengukir torehan yang apik dalam 5 pertandingan awal Bundesliga.

Tidak tanggung-tanggung, Dortmund berhasil membuat jala yang diprakarsai Roman Burki masih perawan atau belum sekalipun kemasukan satu gol pun. Kondisi tersebut membuat pelatih Petr Bosz juga berhasil mencatatkan rekor dengan pelatih pertama yang sukses membuat tim arahannya tidak pernah kebobolan gol pada 5 laga awal di kancah domestik.

Apa yang sudah ditorehkan Dortmund ini seperti memutarbalikkan penampilan buruk yang mereka dapatkan dalam ajang pra musim lalu. Bermain dalam 7 pertandingan, mereka hanya mampu menang 3 kali saja, 3 kali kalah dan sekali imbang.

Kurang impresifnya penampilan itu membuat fans serta beberapa pengamat menyebutkan bila Dortmund bakal kesulitan bersaing dengan rival abadi mereka, yakni Bayern Muenchen, guna memperebutkan trofi Bundesliga. Tapi, kini anggapan itu langsung hilang tanpa jejak.

Dari data yang dihimpun Transfermarkt, dari 5 pertandingan domestik yang telah dijalani Dortmund, Petr Bosz pasti memakai formasi yang sama, yakni 4-3-3, formasi tersebut adalah formasi kegemaran Bosz.

Peran Burki selalu jadi opsi pertama dibawah tiang gawang, sedangan 4 pemain yang ada di depannya di isi oleh Axel Zagadou, Omer Toprak, Marcel Schelzer, Lukasz Piszczek, Sokratis, dan juga Marc Bartra. Hubungan yang sudah tericipta diantara pemain-pemain itulah yang memegang kunci kenapa jala Dortmund masih suci sampai saat ini.

Apalagi, lawan-lawan yang di hadapi Burki dan kawan-kawan bukan klub-klub semenjana. Berturut-turut mereka bertemu Hamburg, FC Koln, Freiburg, Hertha Berlin, dan Wolfsburg, yang notabene sering menyulitkan klub-klub besar Bundesliga.

Kini satu pertanyaan muncul. Hingga kapan gawang klub yang bermarkas di Stadion Signal Iduna Park tersebut akan terjaga kesuciannya? Karena pada 5 laga selanjutnya, Dortmund akal melawan Monchengladbach (Home), Ausburg (Away), RB Leipzig (H), Frankurt (A), serta Bayern Muenchen (H).

Jika mereka sanggup menjaga gawangnya tetap tak kemasukan serta terus memetik hasil-hasil apik, bisa di pastikan Bosz dan Dortmund akan membuat sejarah baru. Lebih jauhnya, Dortmund akan semakin diatas angin guna meraih gelar Bundesliga pada musim ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *