5 Kekalahan Argentina di Laga Final Yang Menyakitkan

By | August 12, 2017

Kecewa, adalah apa yang tampak dari raut muka para pemain Argentina saat takluk 4-1 dari Chile lewat adu penalti di final Copa Amerika tahun 2015 lalu.

“Rasa sakit karena kekalahan ini sangat besar,” kata Messi yang hanya bisa berjalan melewati trofi Copa Amerika.

Kekalahan ini merupakan kekalahan kedua bagi Argentina di event besar dalam dua tahun terakhir. Masih segar dari ingatan bila Argentina juga kalah tragis 0-1 di final Piala Dunia 2014 dari Jerman. Sejak itu, setidaknya ada 5 pertandingan final yang dilalui Argentina namun tidak satu pun berhasil dimenangkan. Final apa saja?

  1. Final Piala Raja Fahd di tahun 1995

Ini adalah asal muasal dari Piala Konfederasi yang digelar oleh FIFA sebelum adanya Piala Dunia. Sama halnya dengan Piala Konfederasi, tim-tim yang ada adalah juara di konfederasi masing-masing negara. Argentina sukses mengalahkan juara Nigeria dan Jepang. Namun takluk 0-2 dari juara Piala Eropa, Denmark.

  1. Final Copa Amerika di tahun 2004

Laga ini merupakan kekalahan menyakitkan bagi Argentina berikutnya. Argentina takluk 2-4 dari Brasil melalui adu penalti di laga final. Argentina hampir merebut juara saat Cesar Delgado mencetak gol di menit 87 dan membuat skor 2-1.

  1. Final Piala Konfederasi di tahun 2005

Sekali lagi, Argentina berjumpa dengan Brasil di laga final. Dan lagi-lagi, Argentina harus ikhlas kalah telak 1-4 dari Brasil. Adriano mencetak dua gol, Ronaldinho 1 gol dan Kaka 1 gol. Argentina hanya mampu membalas satu gol melalui sundulan Pablo Aimar.

  1. Final Copa Amerika di tahun 2007

Argentina lagi-lagi harus gigit jari karena kalah dari musuh bebuyutannya, Brasil. Argentina tampil prima  sepanjang turnamen dengan mengalahkan Peru 4-0, Amerika Serikat 4-1 dan Meksiko 3-0. Sementara Brasil kurang percaya diri karena harus adu penalti di semifinal melawan Uruguay.

  1. Final Piala Dunia di tahun 2014

Setelah 7 tahun puasa laga final, Argentina lagi-lagi menembus babak final di Piala Dunia. Namun Argentina takluk dengan Jerman dalam memperebutkan supremasi tertinggi di dunia sepak bola tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *