PSSI Ungkap Turnamen Bentukan Tim Transisi Adalah Ilegal

By | August 7, 2017

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menganggap Piala Kemerdekaan kemarin adalah ilegal karena turnamen ini diadakan oleh Tim Transisi Kementerian Olahraga yang tidak memiliki legal standing setelah (PTUN) putusan Pengadilan Tata Usaha Negara di Jakarta.

“Tim Transisi adalah ilegal, segala bentuk kegiatan yang ilegal karena Tim Transisi Kementrian Olahraga tidak memiliki legal standing,” kata Direktur Hukum PSSI Aristo Pangaribuan seperti dikutip situs resmi PSSI, Sabtu kemarin.

PSSI juga menganggap bahwa mereka tidak memiliki kapasitas apapun.

“Tim Transisi tidak memiliki kapasitas melakukan aktivitas apapun karena PTUN ini keputusan No. 091/2015 telah memutuskan bahwa no.01307 keputusan kementerian mengenai Pembekuan PSSI, yang juga legal standing Tim Transisi, tidak memiliki kekuatan mengikat sampai ada kekuatan hukum yang permanen.”

Menurut hukum, Tim Transisi bisa mendapatkan kembali status hukum untuk aktivitasnya jika hakim di PTUN menolak, karena keputusan akhir mereka, gugatan PSSI untuk membatalkan Keputusan Kementerian Olahraga.

Aristo menjelaskan lebih lanjut bahwa Piala Kemerdekaan adalah ilegal juga karena turnamen tidak disetujui oleh PSSI yang merupakan organisasi yang sah oleh hukum untuk mengadakan turnamen berskala nasional. PSSI memperingatkan klub sepak bola di Divisi Utama dan anggota organisasi untuk tidak membuat kesalahan dengan berpartisipasi dalam turnamen.

Sebelumnya, tim U-16 dan U-19 dijadwalkan untuk berpartisipasi di Piala AFF yang seharusnya diselenggarakan oleh Indonesia dari bulan Juli sampai September. Namun, mengacu pada sanksi yang dikenakan oleh FIFA sebelumnya, Konfederasi Sepak Bola Asia “membuang” Indonesia dari kompetisi.

“Sejak pertama kali saya ditugaskan untuk pelatih U-19 dan U-19, saya tidak pernah berpikir tugas saya akan berakhir seperti ini,” kata Fakhri yang juga mantan tim nasional.

“Kami akan mencoba pendekatan. Mudah-mudahan mereka terus mencintai sepakbola karena suatu hari mereka akan menjadi pemain hebat.” lanjutnya.

Sekjen PSSI Azwan Karim sebelumnya telah menyatakan bahwa peran Indonesia sebagai tuan rumah untuk  Piala AFF 2015 U-16, U-19, dan AFF Futsal 2015 telah dibatalkan dan oleh Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF), yang juga mengikuti sanksi FIFA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *