Wajah-Wajah Pesepak Bola Keturunan Indonesia

By | July 29, 2017


Belanda. Secara geografis dan kultural tak bersentuhan langsung dengan Indonesia. Sejarah kemudian yang menanutkan 50 tahun lamanya bangsa Belanda tuan bagi pribumi Indonesia. Masa panjang kolonialisme itu menjembatani banyak hal, satu diantaranya terjadi perkawinan silang. Singkat cerita, maka berdiamlah banyak anak bangsa berluhur Indonesia di negara Amsterdam itu hingga kini.

Dan ketika sepakbola jatuh ke titik paling bawah, pandangan dilayangkan ke daratan Eropa sana. Kepada puluhan bahkan ratusan bibit bangsa yang bertebaran di negeri kincir angin. Mengajak mereka pulang untuk membela merah putih, mengabdi untuk tanah moyang leluhur. Gayung bersambut, beberapa diantara pesepak bola keturunan ini menyampakan hasrat untuk berseragam merah putih.

  1. Michel Van Veen

Pesepak bola keturunan Indonesia yang pertama adalah Michel Van Veen. Pemuda 19 tahun yang bermain disalah satu klub di Belanda Roda JC ini mengutarakan niatnya untuk memperkuat garuda muda. Ia memeiliki darah Indonesia dari kakeknya.

“Ya, saya memiliki darah Indonesia, kakek saya orang Indonesia. Jika memungkinkan saya ingin memperkuat Timnas Indonesia dan membangun persepakbolaan Indonesia ke arah yang lebih baik.” Tutur Van Veen.

  1. Ard Van Peppen

Selain Van Veen, punggawa klub RKC Waalwijk juga punya hasrat yang sama yaitu Ard Van Peppen. Ia memiliki keturunan Indonesia dari Ibunya, sementara ayahnya keturunan Belanda.

“Ya, beberapa saat lalu saya juga sudah ditanyai soal main untuk Timnas Indonesa. Tapi paspor jadi masalah. Yang jelas kini saya makin sering mengikuti perkembangannya. Karena Dwi Paspor setahu saya tak boleh. Jadi jika saya harus menyerahkan paspor Belanda, itu sangat berat. Berarti saya harus pindah selamanya ke sana. Ini sangat yang jadi masalah.”  Ungkap Van Peppen.

  1. Sigounerney Paul Nurpiat Mustafa

Pesepak bola keturunan Indonesia berikutnya yaitu Sigounerney Paul Nurpiat Mustafa. Dia juga merupakan pemain dari klub RKC Waalwijk bersama Ard Van Peppen.

“Saya sebenarnya mau kalau diminta bermain di Timnas Indonesia, tapi saya keberatan kalau harus menyerahkan paspor Belanda.” Ungkap Sigounerney Paul Nurpiat Mustafa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *