Menelisik Karir Pensiunan Pesepakbola Prancis

By | July 28, 2017

Enambelas tahun silam Prancis mampu menaklukan timnas-timnas yang banyak dijagokan orang. Zinedine Zidane dkk membuktikan bahwa timnas Prancis bukanlah timnas yang tidak mudah terkalahkan. Memang, ada beberapa pemain inti Perancis yang kini sudah gantung sepatu. Bahkan, beberapa diantaranya sudah benar-benar meninggalkan dunia sepakbola.

Di awal kejayaannya, mereka membantu kemenangan Timnas Prancis di beberapa laga krusial. Seperti Robert Pires yang keberadaannya mulai melejit saat ia bermain klub Arsenal. Pada Februari lalu, Robert Pires memutuskan untuk gantung sepatu dari dunia sepak bola. Permainannya yang lincah terakhir terlihat di Liga India.

Masih sama dengan Pires, Patrick Vieira yang merupakan gelandang jangkung dan besar bersama Arsenal, Juventus, Inter Milan kini masih berkutat dengan dunia sepakbola. Selepas pensiun, ia tak serta merta lepas dari dunia sepak bola, hal tersebut terbukti dari pekerjaannya kini menjadi pelatih pada salah satu klub di New York.

Ada satu nama yang sempat menjadi sosok pangeran di lapangan, Emmanuel Petit. Selain permainan bolanya yang keren, dia juga terkenal dengan kuncir kudanya. Selepas pensiun, Petit disibukan dengan kegiatan amalnya dan menjadi duta piala dunia tunawisma sejak 2011 lalu.

Youri Djorkaeff. Mantan gelandang timnas Prancis ini kini tengah aktif dikegiatan amal bersama anggota komunitasnya. Kecintaannya dengan dunia sepak bola juga membuat dia bersemangat untuk terus menyemangati orang-orang agar lebih mencintai sepak bola.

David Trezeguet. Selapas memutuskan untuk pensiun, pahlawan Pramcis difinal Piala Eropa 2000 ini kini menjadi duta di klub yang turut membantu membesarkan namanya yaitu Juventus.

Didier Deschamps. Seperti yang kita tahu, selepas pensiun Didier Deschamps kini melatih timnas Prancis. Kehebatannya dalam mengolah bola, membuat Deschamps dipercaya untuk menjadi timnas Prancis. Dan berharap di Piala Eropa 2016, Deschamps mampu membawa Prancis kembali untuk memperolah gelar juara Piala Eropa.

Zinedine Zidane. Siapa yang tak mengenal pesepak bola yang satu ini. Meski kini ia telah pensiun, namun kehebatannnya dalam memainkan bola tak lantas surut begitu saja. Hal tersebut terbukti dari dipilhnya dia sebagai pelatih klub Real Madrid dan mampu membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions 2016

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *