Berencana Pensiun, Arjen Robben Siap Balik Kampung Halaman

By | June 16, 2017

Berencana Pensiun, Arjen Robben Siap Balik Kampung Halaman

Salah satu Winger andalah Bayern Munich, Arjen Robben tidak menepis bahwa akhir kariernya sudah sangat dekat. Secara sadar, Robben pun mengaku jadi lebih sering memikirkan soal kapan akan pensiun. Pemain asal Belanda itu juga baru saja memperpanjang kontrak dengan klub selama setahun pada Januari kemarin. Sepanjang membela Bayern, Robben telah merasakan seluruh gelar bergengsi termasuk pencapaian treble winner di tahun 2013.

Belum ada kabar resmi apakah Robben masih akan bermain setelah musim 2017-2018. Akan tetapi, satu hal yang pasti adalah Robben sudah merencanakan dengan baik apa yang akan dilakukan selepas gantung sepatu.

“Aku jadi sangat bersemangat soal apa yang akan kulakukan saat aku pensiun,” ucap Robben kepada majalah Kicker.

Pemain berusia 33 tahun ini juga melihat tanda-tanda bahwa ia akan pensiun cepat. Meski demikian, Robben tak khawatir dan masih fokus pada apa yang lakukan sekarang. Ia juga belum memastikan apa yang akan ia lakukan di tahun 2018.

“Aku kini memikirkan pensiun lebih sering, tanda-tandanya pun sering kujumpai.” tambahnya

“Akhir karirku sudah dekat, itulah realita yang harus kuhadapi. Ya, aku cukup tenang menghadapi hal tersebut. Untuk sekarang aku tidak memikirkan bagaimana kelanjutan karir sepakbolaku di tahun 2018. Aku masih fokus pada apa yang ada di sini sekarang.” ujar Robben.

Robben menambahkan kalau ia akan bersirahat dari dunia sepakbola selama enam bulan. Setelah itu, ia akan melihat opsi-opsi yang ada di depannya.

“Ketika waktunya tiba, aku akan istirahat, mungkin selama enam bulan. Dan sepenuhnya mundur dari sepakbola untuk melihat opsi-opsi yang ada di depanku. Aku tidak akan melakukan apapun,” ucap pemain kidal ini.

Untuk informasi, Robben memulai karier sepakbolanya dengan bergabung klub muda Groningen pada tahun 1996 sampai akhirnya ia dipromosikan ke tim senior empat tahun kemudian.  Mengenai apa yang akan ia lakukan setelah penisun, Robben mengindikasikan akan bekerja di klub lamanya itu.

“Yang jelas aku akan kembali ke Belanda, ke Groningen kampung halamanku. Aku masih punya banyak teman dekat di klub di tempat asalku. Mungkin akan ada sesuatu yang besar untukku di sana,” tutup Robben.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *